KESAN PERTAMA

Mei 28, 2007

keren kan..

 

“kesan pertama begitu menggoda..selanjutnya terserah anda..”

kalimat diatas terdengar akrab di telinga kita bukan.?salah satu slogan iklan yang tergolong sukses di indonesia.karena walaupun si iklanya sudah lama hilang dari dari peredaran namun kalimat itu masih terkenang hingga sekarang.

ya,kesan pertama memang sangat penting.karena hal itulah yang akan menciptakan asumsi awal dalam batin orang yang melihat kita.kita sadari atau tidak biasanya orang yang ada di hadapan kita, akan membuat analisa instan ketika bertemu kita untuk yang pertama kalinya.jika kita bisa menciptakan kesan pertama yang baik,maka kemungkinan seterusnya pun akan baik.

misalnya saja bila anda melihat seseorang memakai jaket hitam dengan mata lirik sana lirik sini serta tangannya di masukin ke dalam saku.apa kesan pertama yang anda tangkap?paling pikiran anda akan langsung menvonis kalau dia seorang seorang penjahat.padahal belum tentu kan?

ketika kita akan bertemu seseorang yang belum kita kenal misalnya rekan bisnis atau mungkin staff HRD perusahaan tempat kita melamar kerja,menciptakan kesan pertama yang baik adalah sebuah hal yang sangat penting sekali.karena pada saat itulah orang yang ada di hadapan kita akan menvonis siapa kita,bagaimana kita dan sebagainya.bisa saja cuma gara-gara kesan pertama yang kurang baik kita gagal mendapatkan pekerjaan.sayang banget kan?

trus,bagian apa saja sih yang harus kita perhatikan? 

1.penampilan

penampilan kita adalah identitas kita.walaupun ini mungkin tidak berlaku sepenuhnya namun percayalah bahwa penampilan luar kita juga merupakan cerminan jiwa kita,sifat kita,cara berfikir kita dan mungkin masih banyak lagi.berpenampilan rapilah agar bisa menciptakan kesan pertama yang baik.

2.komunikasi

komunikasi adalah proses interaksi yang sangat penting.ketika anda sudah berpenampilan rapi namun pada saat di tanya atau bicara di depan orang yang kita hadapi gak jelas dan berbelit-belit maka yakinlah anda gagal menciptakan kesan pertama yang baik.bicaralah dengan tenang dan mudah di mengerti agar orang yang ada di hadapan kita bisa menangkap kesan yang baik.

3.sikap

ketika penampilan kita sudah rapi,komunikasi oke tapi sikap kita kurang meyakinkan misalnya terlihat gelisah,cengengesan atau mata anda lirik sana-sini maka orang yang ada di hadapan kita akan meragukan siapa kita.jadi bersikap tenang dan meyakinkan juga sangat penting bagi kita untuk menciptakan kesan pertama yang baik.

dan yang lebih penting jangan cuma kesan pertama nya aja yang baik,seterusnya dong…kan lebih asyik.iya kan?

Iklan

AWAS,JANGAN ASAL TEMPEL!

Mei 23, 2007

logo adidas

 ini adalah sebuah kejadian yang cukup menarik,memalukan,menggelikan sekaligus memprihatinkan.menarik karena memang pantas kita simak.memalukan karena jelas-jelas memalukan kita sebagai bangsa indonesia.menggelikan karena memang sempat membuat kami tertawa geli dan memprihatinkan karena teman kita sendiri yang harus menanggung akibatnya.apaan sih?

sekelompok kenshusei (peserta magang di jepang) yang membentuk sebuah klub sepak bola di wakamatsu shi salah satu kota di kepulauan kyushu harus berurusan dengan pemerintah jepang dan pihak terkait gara-gara menempel logo adidas di kaos tim mereka.ceritanya berawal dari kesepakatan bersama untuk membuat kaos tim sepak bola di indonesia dan mengirimkanya ke jepang.namun sebelum sampai ke alamat keburu di cekal pihak terkait pemerintah jepang karena pada kaos tim tertempel logo adidas tidak resmi alias palsu.

untungnya masalah tersebut tidak berlarut-larut setelah ada pertemuan antara pihak kenshusei,pemerintah jepang dan perwakilan pemilik merk adidas.namun bagaimanapun teman kita harus tetap menanggung akibatnya dengan membayarkan denda sejumlah uang yang jumlahnya lumayan dalam bentuk yen kepada pihak terkait.

ini adalah sebuah pelajaran yang sangat berarti bagi kita.penyebab kejadian itu salah satunya mungkin karena kita bangsa indonesia sudah terlalu terbiasa untuk “main tempel” atau memalsukan segala sesuatu yang bukan hak kita.itu kita bisa lihat di segala penjuru nusantara betapa banyaknya tempat-tempat perederan barang palsu yang seolah-olah resmi.kalau di dunia ini ada ranking “negeri  pemalsu”  mungkin kita lah pemenangnya.sungguh memprihatinkan.

menurut anda sampai kapan kita akan menjadi orang yang gemar menyontek?kalau sekarang kita belum bisa belajar dari apa yang kita tahu,marilah kita bersama-sama belajar pada apa yang telah kita alami.kata orang pinter experience is the best teacher atau pengalaman adalah guru yang terbaik.cerita di atas adalah sebuah pengalaman yang sangat berarti bagi kita semua bangsa indonesia.iya kan?


SIAPA SURUH DATANG KE JEPANG?

Mei 18, 2007

pekerja keras.. 

“duh pinggangku sakit,serasa dah nggak bisa di gerakin ni..”keluh jojon sambil bersandar di kursi empuk berbantal sebelah lengannya.japra yang dari tadi terdiam dengan ogah-ogahan mengambil dan menyalakan sebatang rokok.di hembuskanya kuat-kuat asap rokoknya,wajahnya mendongak seperti menerawang jauh ke angkasa.semuanya terdiam yang terdengar hanya alunan musik symphoni yang ada di cafe itu.

“ayo pada mau makan nggak?suara jojon memecah kesunyian.joker yang matanya terpejam dari tadi bangun dan membuka buku menu yang terselip di samping meja.aku pesen chikin namba  deh.. suara joker terdengar lirih.aku makan kare ah.dari kemarin pengin makan kare, kata joni.japra masih membolak-balik buku menu mencari yang di inginkanya.aku ini aj deh..sambil tangannya menunjuk gambar hamburger..

tak menunggu komando lagi tangan jojon memencet bel yang ada di depanya untuk memanggil pelayan cafe dan tak lama kemudian datang seorang gadis manis yang dengan sopannya menanyakan pesananya.”ijou de yoroshi desuka?”kata pelayan setelah ketiga orang itu memesan makanannya.”haik” jawab mereka lirih dan pelayan itu pun langsung ngeluyur ke dapur cafe.

suasana kembali hening,hanya terlihat kepulan asap rokok yang mereka hisap.”sebenarnya kita ke jepang untuk apa sih??”ucap jojon tiba-tiba memecah kesunyian.tidak ada yang menjawab pertanyaan jojon setelah saling pandang,semua terdiam seperti sedang merenungkan pertanyaan jojon.japra yang sebelum datang ke jepang adalah “preman pasar”menjawab “ya apa lagi kalau bukan cari duit”.emangnya kamu udah punya uang berapa?sahut joker yang sebelum ke jepang adalah buruh pabrik dengan senyum sinis..kalau menurut kamu apa jon?jojon yang termenung dari tadi kaget,menurut aku banyak yang bisa kita dapet di jepang,pengalaman misalnya..ungkap jojon yang sebelum datang ke jepang adalah mahasiswa yang terpaksa men”DO”kan diri karena alasan ekonomi.

di tengah perbincangan mereka tiba-tiba pelayan cafe datang dengan membawa makanan yang mereka pesan.ayo makan,udah laper ni.waktu sudah menunjukan pukul 09.00 malam dengan lahapnya mereka menyantap makanan di cafe yang sering mereka sebut warteg.cafe yang sering di jadikan tempat sekedar melepas kepenatan sehabis bekerja karena tempatnya yang strategis karena berada diantara tempat kost dan perusahaan tempat mereka bekerja.suasana cafe sedikit lengang karena kebetulan tidak banyak pengunjung.

“aku kadang juga berpikir kita jauh-jauh ke sini bekerja siang malam tanpa kenal waktu, masa iya tidak ada hal yang lebih yang bisa kita dapatkan dari sekedar uang”jojon membuka kembali perbincangan setelah makanan mereka sudah habis.”kita kesini mungkin dengan alasan yang berbeda-beda tapi saya yakin nggak ada yang maksa..tambah jojon.japra yang sedang asyik menghisap rokok kesayanganya menyahut,”iya juga ya,kalaupun kita ada pengalaman di sini pengalaman apa??keahlian kita kan cuma menjalankan mesin pabrik.perkataan japra seperti membungkam mulut mereka..semua terdiam.

“ada satu hal penting yang bisa kita dapatkan selama di sini”semua mata tertuju pada joker yang tiba-tiba bersuara mereka saling pandang dengan tatapan penuh pertanyaan.”kerja!”kata joker.maksudmu???tanya japra dan jojon dengan berbarengan.”ya kerja.coba kita liat orang jepang,tiada hari tanpa kerja.mereka punya prinsip kalau mau makan ya kerja,kalau nggak kerja berarti nggak makan alias mati.prinsip ini yang harus kita tiru dan terapkan setelah pulang ke indonesia!!!ucap joker dengan lantang macam juru kampanye.

betul juga kamu joker..sahut mereka dengan senyum tanda setuju.tak lama kemudian mereka bangkit dari tempat duduk dan bergegas pulang untuk istirahat menyambut hari esok yang penuh dengan tumpukan pekerjaan.


KRISTALISASI KERINGAT

Mei 16, 2007

tukul arwana

 

Buat kamu para tukulers tentunya sudah nggak asing lagi dengan kata-kata yang satu ini.salah satu merk dagang tukul arwana yang memang yang lagi ngetop di planet empat mata nya.dari beberapa jargon yang di miliki tukul misalnya kembali ke laptop,katro,under stimite dan sebagainya kristalisasi keringat memang serasa punya arti tersendiri baik bagi tukul maupun bagi kita semua.

menurut tukul kristalisasi keringat memiliki arti bahwa hidup harus selalu di perjuangkan melalui jalan yang tidak selalu mulus.bahwa untuk bisa mencapai sebuah kesuksesan di butuhkan daya dan upaya yang maksimal yang tiada kenal lelah,di capai melalui cucuran keringat kalau perlu sampai mengkristal! wuih keren…

emang bener kan “no rose without athorn” nggak ada mawar yang nggak berduri artinya gada kesuksesan tanpa penderitaan! nggak usah jauh kalau misalkan kita bisa datang ke jepang sebagai kenshusei (peserta magang) di bilang sukses (arti sukses di sini tentunya menurut kita.) kita flash back aj kebelakang berapa banyaknya penderitaan yang harus kita lewati! iya kan??

terus ap kita sudah jadi orang sukses???

yang tahu jawabanya sebanarnya ya kita sendiri gergantung dari sisi mana kita melihatnya.tapi tampaknya terlalu dangkal kalau kita menganggap kita sudah sukses.marilah kita tatap ke depan bercita-citalah setinggi langit!!!masih menurut tukul ni..sebagai orang yang pengin sukses kita kudu punya cita-cita yang tinggi agar nanti kalau meleset nggak jauh-jauh.hehe..lagian gada yang larang kan kita punya cita-cita jadi apa.boleh lah bercita-cita menjadi pembantu,asal pembantu presiden alias menteri!atau tukang parkir?why not kalau tukang parkir pesawat..!!

jadi bercita-cita lah setinggi langit.untuk hasilnya ya tentunya tergantung usaha kita dan keputusan Nya.


HARAPAN BARU UNTUK SISTEM “NI KOTAE”

Mei 11, 2007

amunisi1.jpg

menjadi “mesin pencetak uang” yang berada di luar negeri memang berada pada posisi yang dilematis.di satu sisi sebagai mesin pencetak uang kita di tuntut untuk bisa memproduksi sebanyak-banyaknya dan di sisi lain kita juga butuh sekedar refreshing untuk membersihkan debu-debu dan kotoran agar bisa beroperasi dengan maksimal.kata “mesin pencetak uang” adalah kata kiasan yang sering kami gunakan untuk menggambarkan keadaan kami yang kadang di anggap bisa menghasilkan uang banyak dengan mudah dan cepat baik itu oleh keluarga kami atau orang-orang di sekitar kami.ngenes..

sekitar awal bulan ini di perusahaan kami ada sedikit perubahan dengan sistem kerja yang awal mulanya dengan tiga shift(san kotae) kini berganti dengan dua shift(ni kotae).konon menurut cerita senpai (senior) kalau memakai sistem ni kotae maka akan ada harapan baru karena jam lembur akan melambung tinggi yang tentunya akan berdampak mesin pencetak uang akan bisa beroperasi secara maksimal.

sungguh dilematis..

entah ada hubunganya dengan sistem ni kotae apa nggak tapi yang jelas setelah di berlakukan sistem tersebut terjadi kenaikan order produksi yang cukup signifikan..!ini tentu membuat kami kewalahan karena pegawai negeri (istilah ini kami pakai untuk kerja tanpa lembur .)harus berpacu dengan target produksi yang meningkat.pekerja kasar yang mengandalkan otot seperti kami tentunya harus mati-matian menguras keringat untuk bisa memenuhi target tersebut.di satu sisi kami mengharapkan uang yang banyak tapi di satu sisi juga kita harus banting tulang untuk mendapatkanya.remuk tenan…

keadaan ini akan semakin parah apabila di antara orang-orang di sekitar kami tidak bisa mengerti keadaan ini dengan terus mengharapkan kucuran dana..ya Tuhan..

ingat kembali cita-citamu..

mari kita renungkan kembali untuk apa kita datang ke jepang?untuk menuju masa depan yang lebih baik.itulah mungkin jawaban secara umum.untuk itu mari singsingkan lengan dan kencangkan ikat pinggang..singsingkan lengan dalam artian terus bersemangat menyambut pekerjaan yang semakin menumpuk dan kencangkan ikat pinggang adalah tetap kontrol untuk pengeluaran yang kurang bermanfaat…manfaatkan dengan sebaiknya apa yang kita dapatkan!dan tentunya jangan lupa tetep perlu refreshing agar nggak stress………


LIBURAN GOLDEN WEEK

Mei 9, 2007

sakura 

 

liburan golden week adalah salah satu hari libur nasional yang sangat di tunggu-tunggu baik oleh orang jepang maupun warga asing yang berada di jepang termasuk kami.rutinitas kerja yang banyak sekali menyita tenaga dan pikiran tentunya membutuhkan waktu untuk sekedar refreshing melepas kepenatan.

pada liburan golden week kali ini kami mempunyai waktu libur yang berbeda satu sama lain sesuai dengan kalender masing-masing.waktu libur yang sangat minim sekali berkisar 3-4 hari kami berusaha  memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.pada waktu liburan atau acara tertentu biasanya ada orang jepang yang selalu mengajak kami sekedar ikut meramaikan misalkan pada saat hanami,hanabi dan sebagainya.

untuk golden week kali ini kami di ajak oleh “konsultan”kami yang biasa kami panggil engkong mengunjungi tempat wisata yang ada di wilayah hiroshima yaitu miyajima.tempat wisata yang mengandalkan tempat ritual orang jepang.bagi mereka miyajima merupakan salah satu tempat yang menakjubkan dengan pemandanganya alamnya yang indah.namun bagi kita bangsa indonesia yang sudah terbiasa dengan pemandangan yang alami, miyajima hanya tempat biasa-biasa saja. selain adanya tempat ritual kuno dan semacam gapura yang tertanam di pinggiran laut tak ada yang istimewa.

namun tentunya ada pelajaran yang bisa kita ambil dari situ yaitu  kepedulian orang jepang tetap merawat dengan baik peninggalan-peningalan sejarah nenek moyangnya.hal ini bisa terlihat betapa terawatnya tempat wisata tersebut baik dari segi kebersihan maupun sarana penunjangnya.

kapan kita bisa meniru mereka??menjaga peninggalan nenek moyang kita bangsa indonesia dengan merawat kebersihanya???mari kita berjanji bersama-sama untuk mewujudkanya!!setuju??