AWAS,JANGAN ASAL TEMPEL!

logo adidas

 ini adalah sebuah kejadian yang cukup menarik,memalukan,menggelikan sekaligus memprihatinkan.menarik karena memang pantas kita simak.memalukan karena jelas-jelas memalukan kita sebagai bangsa indonesia.menggelikan karena memang sempat membuat kami tertawa geli dan memprihatinkan karena teman kita sendiri yang harus menanggung akibatnya.apaan sih?

sekelompok kenshusei (peserta magang di jepang) yang membentuk sebuah klub sepak bola di wakamatsu shi salah satu kota di kepulauan kyushu harus berurusan dengan pemerintah jepang dan pihak terkait gara-gara menempel logo adidas di kaos tim mereka.ceritanya berawal dari kesepakatan bersama untuk membuat kaos tim sepak bola di indonesia dan mengirimkanya ke jepang.namun sebelum sampai ke alamat keburu di cekal pihak terkait pemerintah jepang karena pada kaos tim tertempel logo adidas tidak resmi alias palsu.

untungnya masalah tersebut tidak berlarut-larut setelah ada pertemuan antara pihak kenshusei,pemerintah jepang dan perwakilan pemilik merk adidas.namun bagaimanapun teman kita harus tetap menanggung akibatnya dengan membayarkan denda sejumlah uang yang jumlahnya lumayan dalam bentuk yen kepada pihak terkait.

ini adalah sebuah pelajaran yang sangat berarti bagi kita.penyebab kejadian itu salah satunya mungkin karena kita bangsa indonesia sudah terlalu terbiasa untuk “main tempel” atau memalsukan segala sesuatu yang bukan hak kita.itu kita bisa lihat di segala penjuru nusantara betapa banyaknya tempat-tempat perederan barang palsu yang seolah-olah resmi.kalau di dunia ini ada ranking “negeri  pemalsu”  mungkin kita lah pemenangnya.sungguh memprihatinkan.

menurut anda sampai kapan kita akan menjadi orang yang gemar menyontek?kalau sekarang kita belum bisa belajar dari apa yang kita tahu,marilah kita bersama-sama belajar pada apa yang telah kita alami.kata orang pinter experience is the best teacher atau pengalaman adalah guru yang terbaik.cerita di atas adalah sebuah pengalaman yang sangat berarti bagi kita semua bangsa indonesia.iya kan?

3 Balasan ke AWAS,JANGAN ASAL TEMPEL!

  1. acfi mengatakan:

    pengalaman diatas seprti pengalaman kami pada bulan maret tahun 2007 ini. kaos dari tim sepakbola kami ditahan oleh pihak bea cukai jepang dengan kasus yang sama. tapi untungnya kami tidak disuruh mbayar denda. akhirnya terpaksa beli lagi di indonesia, dan dititipkan ke kohai. selamat deh…

  2. kurtubi mengatakan:

    yes bos… Jepang sebagaimana artikelku memang benar negara yang koheren budaya tapi juga modernis. hingga ke hal2 yang kecil seperti ini diperhatikan.. mana ada di indonesia urusan kecil bisa diperhatikan… urusan korupsi yang besar dan kelihatan jelas gamblang bin moblong2 tak juga tersentuh… duhh btw… semoga pengalaman the teacher itu benar terasa bagi para pembaca blog sampean yang bagus ini… tq atas kunjungan ke kebunku… salam dari jauh…🙂

  3. fauzi mengatakan:

    Jangan jadi bangsa illerran!!!
    ni lah mental penduduk dari pendidikan bangsa indonesia.jangan lagi terurang kasus seperti ini,cukup saja didalam negri kita.sifat ingin atau illeran bangsa kita dengan produk mahal didapatkan dengan cara salah karena keinginan untuk nampang.malu dong jadi bangsa suka mencontek.bangsa kita harus banyak belajar tentang adanya sebuah peraturan…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: