ARTI SEBUAH KESELAMATAN

keselamatan kerja

udara terasa panas walaupun awan bergelayut di langit.ya tentu karena memang musim panas.namun suasana berubah ketika kami memasuki sebuah ruangan yang berukuran sekitar 15×20 m.

di ruangan yang berpendingin udara dan bersih itu berjajar rapi kursi dan meja.ya,ruangan ini memang ruangan serbaguna yang setiap hari di gunakan sebagai shokudou (ruang makan)di perusahaan tempat kami magang.

tak seperti biasanya,ketika kami memasuki ruangan itu terpasang sebauh layar yang di sorot proyektor yang keliatanya siap menampilkan gambar.di dekat layar itu telah menunggu orang yang sudah tidak asing lagi bagi kami.biasanya kami memanggilnya dengan nama motoda sensei.beliau adalah salah satu pimpinan di perusahaan tempat kami magang.

tak lama kemudian setelah mengucapkan salam beliau melakukan presentasi dengan bahasa jepang.kami hanya saling pandang tanda belum bisa memahami apa yang di jelaskan.apalagi ketika beliau membagikan kertas yang berhuruf cacing itu.kami hanya bisa tersenyum kecut sambil menghela napas panjang.

tampaknya beliau tahu betul keadaan kami,dan langsung memberi isyarat kepada leader kami untuk menjelaskannya.”walaupun sama-sama bahasa jepang,tapi tetep beda“mungkin seperti itu yang kami rasakan saat itu.kasian..

setelah di jelaskan oleh leader kami yang memang setiap hari bergelut dengan kami,akhirnya kami ngeh apa yang sedang di bahas.

rupanya sedang membahas tentang keselamatan kerja.

permasalahanya adalah di dalam perusahaan tempat kami magang,ada beberapa pabrik dan dari pabrik satu ke yang lain di hubungkan oleh pintu gerbang.dari pintu inilah terjadi lalu lintas pengiriman barang. 

terus kenapa?

ternyata dari perusahaan sedang memerlukan masukan untuk usaha pencegahan bagaimana caranya agar di gerbang-gerbang tersebut tidak terjadi kecelakaan,tabrakan misalnya.padahal gerbang-gerbang itu sudah di lengkapi dengan alarm yang otomatis berbunyi ketika ada angkutan yang masuk.

sungguh luar biasa langkah-langkah pencegahan yang di lakukan.mungkin inilah salah satu etos kerja orang jepang yang harus kita tiru.melakukan berbagai langkah antisipasi sebelum ada kejadian yang bisa membahayakan keselamatan.

Penggunaan “yos!”

walaupun jepang negara yang bertekhnologi tinggi namun tidak pernah mengesampingkan faktor kemanusiaannya.ini bisa kita lihat pada banyak hal.misalnya pengecekan dengan menunjuk dengan jari atau yang lebih kami kenal dengan kata “yos” (oke!) ini hampir berlaku di segala hal.kami pun sedang berusaha sekuat tenaga untuk belajar membiasakanya dalam bekerja.

kalau kita melihat “sopir”densha (kereta api)misalnya sebelum,sesudah bahkan di setiap titik perjalanan tidak akan pernah luput dari yang namanya “yos!”.

ini tentunya hal yang sangat patut kita tiru,karena dengan tekhnologi yang canggih pun pengecekan menjadi hal yang sangat penting bagi mereka.apalagi di negara kita yang masih ketinggalan jauh perkembangan tekhnologi tentunya pengecekan adalah hal yang sangat mutlak di perlukan kalau tidak mau terjadi banyak korban sia-sia.iya kan?

5 Balasan ke ARTI SEBUAH KESELAMATAN

  1. shinobigatakutmati mengatakan:

    yosh!

    enaknya di jepang ^ ^ semua semangat!

    kalo kita, jangan cuman nge-JOS minumnya, JOS juga semangatnya, setuju?

    onegaishimasu

  2. onoda mengatakan:

    oke setuju bos..
    mari bersemangat bareng…
    yoroshiku..

  3. Persiapan mengatakan:

    😆
    arigato…

  4. febhy mengatakan:

    semangat……

  5. junaedi mengatakan:

    Mungkin kamu itu kohai saya, saya sempai kamu, tinggal di karawang jawa barat, saya kenal dengan motoda , yoshi ura (kerupuk:gelar yang kami beri) takenaka (tokek), nakamura (sacho ya sekarang) morata (yang bengis tapi baik), apa keiko masih sering ke haitsu hikari? tolong kirim salam ya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: