SIDAK JITCO!

mendadak 

hari ini tempat tinggal kami kedatangan tamu tak di undang,atau bahasa pejabatnya di sidak alias di inspeksi mendadak.dan tamu tak di undang itu adalah utusan JITCO (Japan International Training Cooperation Organization) atau Dirjen Pemagangannya jepang.

yang di sidak tentu bukan harga kedelai yang lagi melangit,tapi kelayakan tempat tinggal dan segala yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari kami.

utusan jitco kali ini di dampingi “krupuk” nama kachou (setingkat manager lah..) perusahaan tempat kami magang dan juga dua orang calo dari IMM Japan.

inspeksi di lakukan dari pertama membuka pintu,mengecek rak sepatu kemudian di teruskan menuju kamar tidur.di kamar tidur mereka menggeledah dengan membuka kasur yang kami pakai.kemudian di teruskan ke bagian dapur,kulkas menjadi target utamanya untuk memastikan apakah makanan yang kita konsumsi masuk akal.bahkan,ketika di dalam kulkas tidak di temui sayuran langsung di tanyakan.

saklar listrik,alarm gas beracun dan lampu tak luput dari pengecekan.petugas dari JITCO tampak sibuk mencatat sesuatu entah apa.kemudian pengecekan di teruskan ke kamar mandi,mesin cuci dan di teruskan ke toilet.

di toilet yang sebenarnya sudah bersih (paling nggak menurut kami) petugas tadi mengeluarkan sebuah alat pengukur ketajaman bau mungkin namanya “baumeter”.dan butuh beberapa saat untuk memastikan bahwa toilet aman.

dan sebelum mereka pergi,sempat juga mengecek apakah tertempel dengan baik nomor-nomor penting untuk urusan gawat darurat.

sebenarnya kegiatan ini rutin di lakukan tiap beberapa bulan sekali,namun kami tidak tahu persis kapan datangnya.

harapan kami,semoga apa yang mereka lakukan bisa di tiru oleh bangsa kita indonesia agar mampu memperhatikan keadaan rakyatnya,amin.

2 Balasan ke SIDAK JITCO!

  1. hideyoshi mengatakan:

    wah, ternyata segitunya ya?

    kl disini mah…

  2. wiro mengatakan:

    waktu aku jd kenshusei di Nagano ga pernah didatangin sama JITCO tuh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: